Roh dan Jasad

Sabtu, 14 Maret 2009

ndak ada apa-apa, aku ingin mengetahui yang itu.....,dan sedang merenungi, kata beberapa ustaz, dalam diri kita ini terdapat dua dimensi yakni : Roh dan jasad, Roh berbentuk akal dan hati nurani, dan Jasad dalam bentuk insting, keinginan dan hawa nafsu. Maka di anjurkan selalu menjadikan jasad itu menjadi kuda tunggangan roh untuk mencapai suatu titik keredhoan-Nya. maka sorga itu akan kita capai.

Namun jika kita menjadikan jasad itu dengan nilai-nilai di dalamnya, yakni kesenangan akan kedudukan, kekuasaan, harta dan wanita sebagai tujuan hidup maka kita akan dekat dengan neraka dan kesengsaraan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa antara roh dan jasad itu saling melakukan pengaruh kepada diri kita, jika jasad lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan roh maka kita lebih hina dari pada binatang namun jika roh itu lebih kuat dibandingkan dengan jasad maka kita akan mendapatkan kesenangan yang hakiki.

Baik itu tidak selalu ada dalam diri kita, atau roh itu tidak selalu menguasai diri kita

Maka Allah mengatakan "jadikanlah sabar dan sholat itu sebagai penolong" Sabar dalam pengertian sabar dalam menjalankan ibadah, menerima cobaan dan sabar dalam menghadapai jasad. Sementara itu sholat sebagai sarana, wadah, dan upaya untuk berhubungan dengan Allah SWT. mencintai-Nya melebihi cinta kita pada ciptaan-Nya

Diposting oleh Yulhendri Sutan sdq Batuah di 23.11  

0 komentar:

Posting Komentar